Jumat, 19 Oktober 2012

KEUTAMAAN ILMU, ULAMA, MENGAJAR DAN BELAJAR ILMU

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Semoga Rahmat dan Maghfiroh Allah SWT selalu terlimpahkan kepada kita semua, amien.
           Pada posting kali ini saya akan mebagi ilmu tentang keutamaan ilmu, ulama, mengajar dan belajar agama, terutama belajar agama islam.
Allah SWT berfirman dalam surat Al-Mujaadilah : 11

يرفع الله الذين آمنوأ  منكم والذين أوتوا العلم درجات 

"Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan."

        Maksud dari ayat di atas adalah Allah SWT akan meninggikan derajat para ulama diantara kalian semua dengan beberapa derajat karena mereka mampu menyatukan olmu dan amal sekaligus. Ibnu Abbas RA berkata, " Derajat para ulama di atas kaum mukminin (yang bukan ulama) dengan selisih 700 derajat. Sementara itu, jarak antara derajat adalah sejauh jarak tempat yang ditempuh selama 500 tahun "
Allah SWT berfirman dalam surat Al-Imrann ayat 18 


سهد الله أنه لا إله إلا هو والملائكة وأولو العلم قائما بلقسط لا إله إلا هو العزيز الحكيم 

"Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

        Allah SWT memulai ayat di atas dengan menyebut Dzat-Nya sendiri, kemudian menyebut para malaikat dan yang ketiga Dia menyebut para ahli ilmu. ayat ini sudah cukup untuk menunjukkan kemulian, keutamaan, keagungan dan keluhuran para ahli ilmu.
        Tujuan ilmu adalah pengamalan ilmu dalam kehidupan nyata. amaliah ilmu merupakan buah ilmu, menfaat kehidupan, dan bekal untuk kehidupan akhirat. Barang siapa memperoleh ilmu,  berarti dia beruntung, dan barang siapa tidak mempunyai ilmu, sesungguhnya rugi orang tersebut.
Di bawah ini ada beberapa hadist tentang keutamaan menuntut ilmu :
  1. "Barang siapa berjalan pada suatu jalan untuk mencari ilmu, niscaya allah SWT akan menjalankan dia pada suatu jalan dari sebagian jalan-jalan menuju surga"
  2. "Mencari ilmu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun wanita. dan orang yang menuntut ilmu akan dimintakan ampunan oleh segala sesuatu, bahkan ikan hiu di laut"
  3. "Barang siapa pergi untuk menuntu ilmu, niscaya para malaikat akan mendoakan dan memintakan keberkahan dalam kehidupan orang tersebut"
  4. "Barang siapa pergi ke masjid semata-mata untuk mempelajari suatu kebaikan atau mengajarkan suatu kebaikan, maka dia akan memperoleh pahala layaknya pahala haji yang sempurna"
  5. "Pendidik dan orang yang dididik itu seperti jari-jemari ini-Rasulullah SAW menghimpun antara jari telunjuk dengan jari disampingnya-dalam hal memperoleh pahala yang sama, dan tidak ada kebaikan (yang lebih utama) pada manusia lain setelahnya."
  6. "Jadilah engkau sebagai orang alim, orang yang belajar, orang yang mendengar, atau orang yang menggemari mereka, dan janganlah engkau menjadi orang kelima (orang yang tidak mau melakukan empat hal di atas), karna engkau rusak."
  7. "Jika kalian semua melihat pertamanan surga, maka datangilah! Kemudian Nabi SAW ditanya, "Wahai Rasulullah, Apa yang dimaksud dengan pertamanan surga?" Beliau menjawab : yaitu Majlis Dzikir"
  8. "Ada tiga orang yang bisa memberi syafaat pada hari kiamat : para Nabi, para Ulama dan para syuhada"
      Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dzar RA, terdapat keterangan bahwasannya mendatangi majelis dzikir (ilmu) lebih utama dari pada shalat 1000 rakaat, berta'ziyah pada seribu jenazah maupun menjenguk seribu orang yang sakit. Sayyidina Umar bin Khatab RA berkata : Sesungguhnya seorang laki-laki keluar rumah dalam keadaan memikul dosa seberat gunung-gunung di Tihamah. kemudian dia mendengar (pengajian) orang alim, lalu dia merasa takut dan memohon dosa-dosanya dicabut (oleh Allah SWT), maka dia pulang ke rumahnya dalam keadaan tidak ada dosa pada dirinya. Jadi, janganlah kalian mengabaikan majelis-majelis para ulama, karena sesunggunhya allah SWT tidak menciptakan sejengkal tanah pun di permukaan bumi ini yang lebih mulia daripada mejelis-majelis para ulama.
       Ibnu 'az-Zabir berkata : " Abu Bakar RA pernah berkirim surat kepadaku pada saat saya sedang berada di Irak. isi surat tersebut adalah " Wahai buah hatiku, hendaklah engkau senantiasa menuntut ilmu, sesungguhnya jika engkau dalam keadaan fakir, maka ilmu itu akan membantumu kaya ( tidak buth sesuatu yang lainnya ), dan jika engkau kaya, ilmu akan menjadi penghias dirimu. "

Demikianlah posting saya kali ini, moga dengan sedikit penjelasan di atas, kita semakin giat menuntut ilmu dan belajar dengan baik, karena semua itu merupakan kewajiban dari Allah SWT sampai kita menutup mata, amien Yaa Robbal 'alamien.

Wassalam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda masukan komentar atau kritikan yang membangun di kolom yang telah disediakan, supaya blog ini menjadi lebih baik dan sesuai dengan harapan kita semua, yaitu bermanfaat. syukron